28 Juni 2009

Merawat Komputer

Komputer ibarat sepeda motor. Jika sering dibawa balapan (jalankan banyak aplikasi), suatu saat dia bisa ngambek dan tidak mau berfungsi. Jarang dipanasi (didefrag), bisa-bisa lemotnya sampai setengah mati. Lampu depan tidak berfungsi? Ouw, hati-hati. Serangan virus siap mengancam sang buah hati.

Untuk merawat komputer, sebenarnya tidak terlalu susah. Hanya jika Anda mau komputer Anda begitu minimalis, namun praktis, dan pastinya, waktu loading komputer Anda tidak membuat Anda meringis, :D

1. Buang berbagai aplikasi yang jarang digunakan

Jika Anda tidak sering memotong-motong video, jangan biarkan program-program untuk mengedit video bersemayam manis dalam komputer Anda. Kecuali Anda sedang belajar untuk mengambil adegan-adegan panas dalam sebuah film, he2

2. Defrag komputer Anda secara berkala.

Tidak perlu terlalu sering. Seminggu sekali sudah lebih dari cukup, itupun jika Anda seringkali menambah-kurangi isi komputer Anda. Fungsi defragment sendiri adalah untuk menata ulang file-file dalam hardisk, sehingga windows lebih mudah membaca dan mengenalinya.

Anda dapat mengakses fasilitas Disk Defragmenter dari Start -> All Programs -> Accecories -> System Tools -> Disk Defragmenter.

3. Kurangi style dan tampilan windows yang terlalu menawan

Semakin indah dan kompleks windows style yang Anda gunakan, biasanya semakin besar juga alokasi RAM komputer Anda yang termakan. Pepatah lama mengatakan, "keindahan sulit disandingkan dengan kecepatan", :D

4. Hilangkan start up program yang tidak terlalu dibutuhkan

Beberapa program secara otomatis menambahkan fitur start up ketika Anda menginstallnya. Rata-rata, start up ini hanya berfungsi penuh jika komputer Anda terkoneksi dengan internet. Andai komputer Anda belum digunakan untuk berselancar ria, Anda bisa mematikan berbagai start up ini.

Akses Start -> Run, dan ketikkan "msconfig". Setelah terbuka jendela "System Configuration Utility", tekan kolom "Startup" yang ada di pojok atas sebelah kanan. Dan, silahkan dipilih mana start up program yang ingin Anda nonaktifkan dengan mengkosongkan kolom ceklistnya.

5. Delete shortcut di layar utama windows yang, sebenarnya, jarang Anda akses

Saat awal booting, windows juga akan memperhitungkan shortcut-shortcut ini. Jadi, bantulah dia untuk mempercepat kerjanya dengan tidak menyimpan shortcut yang, sebenarnya, jarang anda gunakan. Hayo ngaku?

6. Klik kanan link ini, lalu pilih Bookmark This Link pada firefox, atau Bookmark Link... jika Anda menggunakan Opera.

Optional, walau sangat disarankan. Coba aja deh, mumpung masih gratis, lol

Hey, masa tips merawat komputernya cuma 6, eh, 5 biji? Kalau kurang ntar ada tambahannnya. Tapi dari pengalaman, 5 tips itu sudah cukup ampuh untuk memulai dan kemudian bersahabat baik dengan komputer kesayangan Anda.

Baca Juga:



0 komentar:

Posting Komentar